Minggu, 26 Oktober 2014

Perjalanan Jauh Kala Mentari Terbenam 12



Perjalanan Jauh Kala Mentari Terbenam
Bagian  12

Orang usia senja tidak mempunyai banyak waktu lagi, sisa waktu yang sedikit ini haruslah dimanfaatkan dengan benar. Bila dalam hati sudah meyakini Buddha Amitabha, segenap hati ingin terlahir di Alam Sukhavati, juga dapat menggunakan waktu dari pagi hingga malam untuk melafal Amituofo, maka pasti dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Andaikata sisa waktu ini tidak dimanfaatkan dengan baik, hanya berpergian ke sana kemari, apapun dipelajari sejenak, maka pikiran serupa ini takkan dapat terfokus, tidak memiliki arah yang pasti, sampai ajal menjelang, pikiran jadi panik tidak memiliki tumpuan, maka ini sungguh berbahaya.

Maka itu tak peduli bagaimanapun juga, usia sudah lanjut, sebaiknya menjadikan Alam Sukhavati sebagai tempat berpulang. Di dunia ini hanya tersisa beberapa tahun saja, harus dapat menyadarinya dengan jelas, harus menempatkan tujuan terlahir ke Alam Sukhavati sebagai poin penting dalam melatih diri. Dengan menfokuskan pikiran ke dalam sepatah Amituofo, maka kekuatan pikiran yang melafal Amituofo akan semakin kuat, pada akhirnya di dalam pikiran hanya ada lafalan Amituofo dan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, dengan demikian pasti akan memperoleh penjemputan dari Buddha Amitabha, terlahir ke Alam Sukhavati. Master Hai Xian memberitahukan kita, “Di dunia ini tidak ada hal yang sulit, hanya takutnya pikiran tidak terfokus”;  Buddha mengatakan bahwa dengan memusatkan perhatian, maka takkan ada  yang tidak bisa dilakukan; Master Yin Guang juga menegaskan bahwa, “Menfokuskan pikiran melafal Amituofo, maka takkan ada  yang tidak bisa dilakukan”.

Demikianlah laporan kami sampai di sini, dalam proses penyampaian laporan ini dikhawatirkan akan adanya kesalahan, karena itu kami memohon pada guru dan para kalyanamitra untuk memberi kritikan dan menunjukkan kebenarannya, bermurah hati memberikan bimbingan. Amituofo.

Dengan segala kerendahan hati, murid, Shi Zi-liao, memberi salam hormat, pertanggal 17 Oktober 2014


Petikan dari Kelas Belajar Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas
Edisi : 94
Tanggal : 18 Oktober 2014
Bertempat di : Pure Land Learning College Association, Inc., Australia



日暮途遠
(十二)

 我們老人家們已經這麼大年紀,沒有很多時間了,這僅有的一點時間一定要用好。如果自己心裡相信阿彌陀佛,一心想去極樂世界,又能從早到晚把時間用在念佛上,那就一定能往生。如果這段時間不用好,只是東奔西跑,什麼都搞一搞,這樣心不專一,沒有固定的方向,到了臨終,心裡慌亂無主,那就危險了。所以不管怎樣,年紀大了,最好以西方為歸宿。在人間就只剩下幾年了,一定要分清主次,要把往生淨土做為修行的重點,而且要讓這個重點突出再突出。這樣一心投入在念佛上,讓念佛的念力一再的加強,最後就是一門心思,唯一念阿彌陀佛,唯一趣向極樂世界,這樣就一定得佛接引,往生西方。海賢老和尚告訴我們,「世上無難事,只怕心不專」;佛說「制心一處,無事不辦」;印光大師更直截的告訴我們,「一心念佛,無事不辦」。

今天就報告至此,報告過程恐有錯誤,懇請師父上人及諸位善知識批評指正,不吝賜教。阿彌陀佛。不肖弟子釋自了叩呈,二零一四年十月十七日。

無量壽經科註第四回學習班  (第九十四集) 

2014/10/18  澳洲淨宗學院  檔名:02-042-0094